Pria, Inilah 12 Cara Memakai Jas Dengan Benar

Kamu semua pasti setuju kalau jas merupakan salah satu item yang sangat lekat dengan image rapi, formal, elegan, sukses, dan tentunya berkelas. Untuk tampil keren dengan jas, ada ilmunya dan kamu harus menguasai ilmu tersebut supaya penampilan kamu maksimal.

Rahasia untuk tampil sempurna dengan setelan jas adalah kamu harus memahami bagaimana jas tersebut sesuai dengan tubuh. Sesuai disini artinya jas yang yang kamu pilih itu pas di badan dan nyaman ketika memakainya.

Dibawah ini adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk tampil keren dengan setelan jas, diantaranya adalah:

1. Sesuaikan Warna Dengan Acara Yang Akan Dihadiri

Kamu mau pergi ke acara pemakaman, sebaiknya jangan memilih jas warna hitam. Sebaiknya, kamu menggunakan jas berwarna abu-abu gelap atau warna biru dongker, atau jas bermotif garis ringan. Warna-warna ini akan sangat gampang untuk dipadukan dengan warna lain karena sebagian besar warna kemeja akan cocok dengan warna tersebut.

2. Pilih Jas Dengan Model Slim Fit

Pilihlah setelan jas dengan model slim fit, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil juga. Bagian pinggang jas yang Lo kenakan harus pas jangan sampai kebesaran supaya dada dan bahu kamu terlihat menonjol. Terus, bagian lengan juga harus berada diatas pergelangan tangan agar kemeja kamu terlihat dibagian tersebut.

3. Pastikan Ujung Celana Berada Tepat Diatas Sepatu Atau Sejajar Dengan Ujung Mata Kaki

Mungkin ini terlihat sepele, tapi kalau ini terjadi, maka hal ini akan mengurangi estetika dan terlihat kurang bagus. Untuk itu, usahakan untuk tidak memakai celana yang terlampau panjang agar celana yang kamu gunakan tidak menutupi sepatu yang dikenakan.

4. Jangan Melipat Celana

Celana yang dilipat akan merusak penampilan Lo ketika Lo menggunakan setelan jas. Untuk itu, kamu harus benar-benar memperhatikan ukuran celana yang dipakai dengan memilih celana yang slim dan tidak menutup sepatu yang kamu pakai.

5. Padukan Jas Dengan Kemeja Yang Berkualitas

Kemeja berkualitas tidak hanya akan terlihat lebih baik, tapi juga akan terasa lebih baik. Gerakan kamu akan lebih luwes dan kemeja kamu yang dipakai juga nggak bakal gampang lecek. Beda halnya ketika kamu memakai kemeja yang kurang bagus, maka kamu akan merasa kaku dan kemeja juga akan gampang banget lecek.

6. Pilihlah Warna Kemeja yang senada dengan setelan jas yang dikenakan

Selain memilih kemeja yang berkualitas, jangan lupa juga untuk memilih warna yang cocok dengan setelan jas yang kamu gunakan. Gunakan warna cerah, ringan, dan tidak terlalu terang. kamu bisa memilih kemeja warna putih, ungu, kuning muda, dan abu-abu.

7. Periksa lebar dan panjang dasi yang akan digunakan

Idealnya, lebar dasi yang digunakan harus sesuai dengan lebar kerah di jas yang kamu pakai. Jadi, kalau lebar kerah sekitar 2 atau 3 inci, maka dasi kamu juga harus segitu lebarnya. Selain itu, kamu juga harus memastikan bahwa dasi kamu menutupi sebagian sabuk jangan sampai malah kependekan.

8. Gunakan simpul dasar ketika menggunakan dasi

Simpul yang paling umum untuk digunakan ketika menggunakan dasi adalah simpul Windsor. Simpul ini akan terlihat bagus dan cocok untuk setelan apa saja dan sangat umum. Jadi, gunakan simpul ini ketika kamu ingin tampil maksimal dengan setelan jas.

9. Sebagai pelengkap, tambahkan pocket square

Untuk melengkapi dan menyempurnakan penampilan, gunakan pocket square. Lipat agar pas di saku dan biarkan bagian atas keluar. Item ini akan memberikan kesan yang sangat bagus dan akan memberikan kamu karakter yang kuat.

10. Gunakan sepatu yang tepat

Kamu bisa memilih sepatu dengan warna gelap agar bisa nyambung dengan setelan jas. Kamu bisa memilih warna cokelat atau warna hitam dan cokelat yang lebih terang apabila kamu menggunakan jas dengan warna yang terang. Loafers atau Oxfords adalah sepatu yang paling umum untuk dikenakan dengan jas, meskipun kamu bisa aja mengubah gaya tersebut tergantung pada keadaan atau acara yang dihadiri saat itu.

11. Pilih kaos kaki yang tepat

Tepat disini artinya warnanya sesuai dengan celana yang digunakan dan menutup pergelangan kaki agar ketika kamu duduk kulit kaki Lo nggak keliatan.

12. Gunakan sabuk tipis

Ketika kamu memakai jas, jangan gunakan sabuk yang terlalu besar karena itu akan membuat kamu terlihat aneh. Sebaiknya, pilihlah sabuk tipis dengan warna yang sama dengan sepatu yang kamu gunakan saat itu. Semakin sederhana, semakin baik.