Inilah 5 Penyebab Jenggot Kamu Terasa Gatal

5 Penyebab Jenggot Kamu Terasa Gatal – Memiliki jenggot yang lebat dan sehat merupakan idaman sebagian pria, karena tidak semua pria bisa memiliki jenggot. Jenggot tidak dipungkiri mampu membuat penampilan pria menjadi terlihat lebih manly, sehingga tidak perlu heran kalau sekarang ini banyak pria yang ingin mulai menumbuhkan jenggot dengan berbagai cara. Untuk menumbuhkan jenggot mungkin tidak terlalu sulit, namun dibutuhkan perhatian lebih untuk merawatnya agar tetap sehat. Jangan sampai nih jenggot yang seharusnya bikin kamu makin keren justru malah membuat kamu jadi nggak nyaman karena sering merasa gatal.

Kalau kamu tidak merawat jenggot dengan baik, maka kamu akan mengalami berbagai macam masalah pada jenggot kamu salah satunya adalah gatal. Dibawah ini adalah beberapa penyebab yang bisa menyebabkan rasa gatal pada jenggot kamu , diantaranya adalah :

1. Kulit Kering

Banyak hal yang bisa menyebabkan kulit seseorang menjadi kering seperti misalnya cuaca dingin atau udara yang memang benar-benar kering. Selain itu, mencuci muka dengan menggunakan air hangat dalam waktu yang lama juga akan menyebabkan kulit menjadi kering. Untuk mencegahnya, perhatikan sabun yang digunakan untuk memberisihkan wajah dan jenggot kamu. Pastikan sabun yang kamu pakai itu tidak membuat kulit wajah dan jenggot kamu menjadi kering dan akhirnya menyebabkan gatal.

2. Jenggot yang tumbuh ke dalam

Kejadian ini biasanya terjadi ketika kamu sudah mencukur jenggot tapi jenggot yang tumbuh setelahnya tidak tumbuh ke arah luar melainkan kembali ke lapisan kulit dimana jenggot tersebut tumbuh. Nah, hal inilah yang membuat jenggot kamu terasa gatal.

Baca juga : cara merawat brewok yang benar

3. Infeksi

Rasa gatal yang terjadi pada jenggot kamu bisa terjadi akibat terjadinya infeksi dari jamur, bakteri, atau virus pada lapisan folikel rambut. Bakteri atau jamur bisa datang dari mana saja, bisa itu dari tangan kita sendiri, handuk, dan bisa juga dari alat cukur yang kamu pakai. Untuk itu, rajin-rajinlah membersihkan tangan dan alat cukur agar terhindar dari infeksi tersebut.

4. Alat cukur yang kotor

Seperti yang sempat dijelaskan di poin ketiga, alat cukur bisa menjadi media bakteri atau jamur untuk menginfeksi kulit kamu sehingga akhirnya jenggot kamu merasa gatal. Untuk itu, selalu jaga kebersihan alat cukur dan simpan alat cukur tersebut di tempat yang bersih dan tertutup agar alat cukur terhindar dari paparan kotoran yang membawa bakteri atau jamur.

Baca juga : cream penumbuh brewok bagus

5. Cara mencukur yang salah

Jangan sembarangan ketika kamu akan mencukur jenggot. Lakukanlah dengan hati-hati dan gunakan alat cukur yang bersih serta pahami juga cara mencukur jenggot yang baik itu seperti apa. Cara mencukur yang salah bisa menjadi penyebab rasa gatal pada jenggot kamu.

Sebetulnya mencukur jenggot itu tidak susah . Intinya, hindari mencukur terlalu dalam dan jangan terlalu sering mencukur jenggot. Selain itu, oleskan krim khusus untuk mencukur jenggot agar kamu tidak mengalami iritasi pada kulit.

 

Keep in touch with us!
IG: @foltibaffi & @folti_baffi
FB: @foltibaffi.id
Youtube: http://bit.ly/youtubechannelfoltibaffi