Ini 5 Panduan Lengkap Bercukur untuk Pria tampil dengan Jenggot Rapi

Untuk sebagian besar pria, menumbuhkan jenggot menjadi hal yang terbilang penting. Tak peduli seberapa tebal atau tipis jenggot tersebut, kerapian dan kebersihan jenggot lah yang menjadi hal terpenting. Kulit wajah pria juga menentukan kualitas jenggot yang dimilikinya. Kulit wajah yang lembap atau tidak teriritasi biasanya akan menjadi tempat tumbuhnya jenggot yang indah. Ingin tahu lima panduan lengkap bercukur agar selalu tampil dengan jenggot rapi? Simak berikut ini.

1. Tentukan garis leher

Tidak masalah jika kamu tidak mencukur dengan benar jenggot yang terletak di area garis leher. Mencukur bagian jenggot di area garis leher memang rawan kesalahan. Sebagian besar orang memang membiarkan rambut di area ini tumbuh. Namun, jika kamu ingin mencukur atau sekedar merapikannya degan benar, gunakan bantuan jari telunjuk dan jari tengah, lalu letakkan di atas jakun untuk menentukan garis dasar jenggot. Cara ini sangat membantu untuk menentukan garis dari titik lurus di leher dengan alat cukur yang kamu gunakan. Setelah itu, kamu bisa merapikannya.

Kalau kamu sedang mencari sepatu yang pas untuk hari pernikahan kamu, baca juga artikel 10 Pilihan Sepatu Kekinian untuk Pengantin Pria.

2. Rapikan jenggot di area garis leher

Untuk merapikan jenggot yang tumbuh di area garis leher, tukang cukur biasanya memangkas sedikit rambut kepala kamu yang tumbuh di dekat area ini. Biasanya, mereka memangkasnya dengan pisau cukur ke bagian sisi atas. Kamu pun bisa melakukan hal ini sendiri. Tentukan satu titik tumpu atau garis tepi sebelum memangkas jenggot. Setelah itu, pangkas kira-kira 2,5 sentimeter. Jangan terlalu banyak dan lebat saat memangkasnya. Dengan cara ini akan membentuk gradasi. Setelah itu, pangkaslah garis tepi yang kamu buat secara perlahan untuk menciptakan gradasi. Tampilan jenggot akan nampak penuh dan garis leher terlihat rapi.

Selain itu, cara kamu menata jenggot juga menentukan penampilan. Hal utama yang harus kamu lakukan dalam merawat rambut di wajah adalah fokus pada bagian tepi, rapikan sesuai kebutuhan dan memberi nutrisi pada kulit serta jenggot yang dimiliki.

3. Rilekskan wajah saat mencukur jenggot

Ternyata kumis juga menjadi hal penting yang tidak boleh luput dari perhatian para pria saat merawat jenggot. Kunci sukses dalam mencukur jenggot, adalah menjaga “wajah normal” saat proses mencukur. Wajah yang rileks saat mencukur juga menjamin keindahan dan kerapihan kumis. Untuk merapikan kumis, gunakan gunting kumis non elektrik dan sisir kecil agar hasil lebih alami. Sisir kumis lurus ke arah bawah untuk menentukan berapa panjang ukuran kumis yang perlu dipangkas. Setelah panjangnya ditentukan, ukuran bisa dikurangi dengan menyisir rambut dari wajah dan melepaskan lapisan atas.

Bingung pakai baju apa saat kencan? Simak opini-opini pria tentang tampilan perempuan favoritnya di artikel Menurut Pria, Seperti Ini Gaya Perempuan saat Kencan yang Jadi Favorit Mereka!

4. Jangan pernah melupakan perawatan kulit

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa mereka harus menghilangkan rambut dan bukan mengutamakan kesehatan kulit wajah. Hal inilah yang kerap mengakibatkan iritasi, infeksi dan luka saat mencukur. Luangkan waktu untuk mencukur rambut di sekitar jenggot, sama seperti saat merawat wajah kamu. Pastikan kulitmu tetap bersih terjaga saat hendak menukur. Selain itu, pastikan pori-pori terbuka terlebih dahulu sebelum mencukur dan tutup pori-pori dengan benar untuk menghindari terjadinya iritasi. Cara ini bisa dilakukan dengan mengkompres wajah menggunakan air hangat dan mengkompres kembali dengan air dingin sesudah mencukur.

5. Gunakan minyak jenggot atau beard balm

Gunakan minyak janggut atau balsem jenggot yang memang sudah diformulasikan khusus. Namun, kamu juga harus memahami kapan saatnya menggunakan kedua produk untuk lelaki ini. Minyak jenggot dapat menjadi pelembap serta zat pendingin yang bisa membantu merangsang pertumbuhan dan mengobati jenggot. Selain iitu beard balm adalah produk yang bisa membantu menambahkan volume dan bentuk pada jenggot, yang sekaligus dapat menghilangkan bau plus membantu mempertahankan kelembapan. Jadi, meski keduanya bisa menyehatkan jenggot, kedua produk tersebut memiliki khasiat yang berbeda. Minyak jenggot berfungsi untuk melembutkan jenggot dan menghidrasi kulit. Sementara beard balm untuk menata dan melindungi rambut dari faktor lingkungan dan dehidrasi.

PRODUCT DISCLAIMER

Hasil yang didapatkan dari penggunaan produk yang ada di situs ini mungkin akan berbeda terhadap masing-masing pengguna.

Semua pelanggan yang membeli produk melalui situs ini secara otomatis telah dianggap membaca dan menyetujui semua pernyataan penyangkalan serta bertanggung jawab penuh terhadap hasil apapun yang dialami atas penggunaan produk.

Pelanggan dengan ini akan membebaskan Folti Baffi Indonesia dari tuntutan apapun atas kreugian yang ditanggung akibat penyalahgunaan produk, modifikasi produk, dan/atau hasil atas penggunaan produk.

ORDER TELEPON SEKARANG