Biar Tidak Terlihat Berantakan, Simak Cara Merawat Kumis Dan Jambang Dengan Benar

Cara merawat kumis dan jambang – Pria yang memiliki kumis dan jambang memang terasa memiliki aura seksi dan misterius tersendiri. Namun tentunya, kumis dan jambang ini hadir dengan bentuk tampilan yang rapi dan bersih, sehingga tetap enak untuk dipandang.

Sama seperti halnya rambut di kepala, kumis dan jambang ini juga memerlukan perawatan. Seperti apa perawatan yang disarankan untuk kumis dan jambang? Yuk simak pemaparannya di bawah ini

  • Kumis

1. Tentukan waktu trimming yang tepat

Cara termudah untuk memangkas kumis pada tahap awal adalah dengan gunting atau pemangkas janggut, tapi setelah tiga sampai empat minggu, ganti alat dengan sepasang gunting rambut wajah yang berkualitas untuk memangkas kumis-kumis di sekitar mulut. Di waktu ini jugalah Anda perlu untuk menggunakan sisir khusus untuk kumis, dan sedikit wax. Ini akan membantu untuk membentuk kumis sekaligus membantu mengisi celah dan mencegahnya terlihat mengembang.

2. Scrubbing

Percayalah, tidak hanya kulit wajah dan tubuh yang butuh perawatan scrubbing, karena sejatinya begitu juga dengan kumis. Gunakan face scrub yang berkualitas baik untuk menggosok atau scrubbing kumis sehingga bisa membantu untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang tertumpuk di sekitar area kumis, terlebih lagi di tahap-tahap awal.

3. Sampo dan kondisioner

Yup, Anda tidak salah baca kok! Karena kumis pun butuh diaplikasikan sampo dan kondisioner. Rambut-rambut di bagian wajah bisa menjadi sangat kasar, yang akhirnya bisa memicu kulit terasa kering dan gatal. Jadi rawatlah kumis ini dengan sampo two in one dan kondisioner agar kumis tetap dalam kondisi bersih.

4. Potong ketika kering

Disarankan ketika memangkas kumis, jangan dalam keadaan basah. Sebab sebaiknya memangkas atau trim kumis dilakukan ketika dalam keadaan kumis tersebut kering. Rambut yang dalam keadaan basah akan terasa lebih berat dan menggantung lebih lama, ketika kering dan tertarik kembali, tanpa sadar kumis yang dipangkas sudah terlalu banyak.

5. Pakai wax

Sesekali untuk acara atau kesempatan yang spesial, pemakaian wax terhadap kumis agar terlihat lebih terbentuk dan lebih rapi juga sah-sah saja loh. Dengan catatan wax yang dipakai adalah wax khusus kumis alias moustache wax.

  • Jambang

1. Ukuran panjang pendek

Jambang disebutkan biasanya terlihat paling baik saat berada di ukuran panjang tepat di tengah telinga. Tidak masalah panjangnya, jambang harus selalu terlihat punya bentuk lebih persegi panjang dari segi empat.

2. Waktu pangkas

Jambang harus dipangkas saat mulai terlihat mengembang, entah itu setiap potongan rambut atau di antara potongan. Mintalah tukang cukur atau stylist untuk meruncingnya sehingga tidak perlu melakukannya lagi di rumah. Cobalah untuk memangkas area di sekitar jambang setidaknya setiap tiga hari sekali. Bisa dengan menggunakan pisau cukur atau menggunakan pisau cukur listrik.

3. Alat

Jika hobi memangkas jambang sendiri di rumah, pastikan alat pangkas atau trimmer yang digunakan adalah trimmer yang berkualitas baik, yang memiliki ‘penjaga’ dengan panjang yang berbeda.

4. Pemakaian minyak

Jangan lupa untuk mengaplikasikan sedikit shaving oil di ujung jambang dan gunakan blade razor menampilkan bentuk tampilan jambang yang lebih sharp.

5. Beri nutrisi

Sama seperti rambut, jambang pun butuh diberi nutrisi tambahan. Untuk menutrisi jambang, bisa gunakan sedikit hair oil atau kondisioner jenis leave-in conditioner yang tidak hanya menutrisi tapi juga membuat jambang jadi halus.

Itulah cara merawat kumis dan jambang yang bisa kamu lakukan agar penampilan kamu tetap rapi dan tidak terlihat lesuh karena kumis dan jambang tidak terawat.