5 Cara Terbukti Untuk Meningkatkan Hormon Testosteron Pada Pria

Hormon Testosteron memiliki peranan yang sangat penting dalam tubuh pria. Salah satunya adalah untuk sistem reproduksi. Hormon Testosteron kadar hormon testosteron dalam tubuh pria itu normalnya adalah sekitar 250-1100 ng/dL (nanogram per desiliter) dengan kadar rata-rata 680 ng/dL.

Nah, hormon ini mengalami peningkatan selama masa puber dan mencapai puncaknya ketika kamu berusia sekitar 20 tahun.
Setelah umur kamu 30 tahun ke atas, kadar hormon ini akan berkurang sekitar satu persen setiap tahunnya.

Lalu, apa yang terjadi kalo kita kekurangan hormon testosteron? Menurunnya kadar hormon testosteron sebetulnya merupakan kondisi alamiah seiring bertambahnya usia seseorang.

Ketika hormon testosteron menurun, maka pria akan mengalami beberapa masalah ini, diantaranya adalah:

  • Gangguan fungsi seksual
  • Berkurangnya rambut pada tubuh
  • Tulang menjadi rapuh
  • Meningkatnya lemak dan kolesterol
  • Berkurangnya kekuatan atau massa otot
  • Mudah lelah
  • Cenderung merasa depresi
  • Gangguan tidur
  • Penurunan rasa percaya diri
  • Tidak memiliki motivasi
  • Menurunnya tingkat konsentrasi

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan mengenai apa yang akan terjadi ketika kamu kekurangan hormon testosteron? Salah satunya berkurangnya rambut pada tubuh, rambut pada tubuh bisa seperti brewok,jenggot,dan jambang. Kurangnya hormon Testosteron akan membuat brewok atau jenggot kamu susah untuk tumbuh.
Sekarang, gimana caranya untuk meningkatkan kadar hormon tersebut?

1. Cukup Tidur

Berapa lama siih kamu tidur dalam sehari ?? Kalau selama ini kamu sering kurang tidur, maka mulai sekarang kamu harus mulai untuk mencukupi waktu istirahat yah.

George Yu, MD, seorang dosen di George Washington University Medical Center di Washington D.C, menyebutkan bahwa kebiasaan kurang tidur mampu menyebabkan laki-laki mengalami penurunan produksi testosteron.
Jadi, perhatikan pola istirahat kamu. Usahakan untuk tidur cukup 8 jam setiap harinya kalau kamu tidak mau kadar hormon testosteron dalam tubuhmu menurun.

Kalau kamu sering mengalami kesulitan untuk tidur nyenyak, maka cara ini mungkin bisa membantu :

Pastikan kamar kamu bersih
Pastikan udara di kamar tidak pengap
Pastikan suhu di dalam kamar kamu nyaman
Jangan minum kopi sebelum tidur
Jangan terlalu banyak pikiran

2.Kurangi Berat Badan

Obesitas adalah salah satu penyebab turunnya produksi testosteron. Selain menurunnya produksi testosteron, banyak sekali hal negatif lainnya yang akan kamu alami ketika kamu overweight seperti:

  • Berisiko untuk mengalami tekanan darah tinggi
  • Sakit jantung
  • Diabetes
  • Stroke

Terus, secara penampilan juga tentunya kamu tidak akan terlihat oke kalau kamu overweight. Untuk menjaga tubuh kamu tetap dalam keadaan yang baik, maka kamu harus mulai untuk menerapkan pola hidup sehat dengan rajin berolahraga dan menjaga pola makan. Dengan begitu, kamu bisa mengontrol berat badan kamu sekaligus menghindari penurunan produksi testosteron di dalam tubuh.

Baca juga : 4 Gaya Rambut Pria Brewokan Yang Keren

3. Olahraga

Olahraga. Hal yang penting untuk dilakukan namun malas untuk dijalani. Bener nggak? Hehe. Tapi, bagaimanapun juga kamu harus memaksakan diri untuk berolahraga secara rutin.

Lalu, hubungannya apa antara olahraga dan testosteron? Jadi gini, ketika tubuh kamu diem aja tidak melakukan apa-apa, maka tubuh kamu akan mengirim sinyal yang menandakan bahwa tubuh tidak memerlukan tambahan hormon testosteron sehingga otomatis produksi testosteron kamu pun menjadi berkurang. Nah, ketika kamu aktif berolahraga, maka otak akan mengirim sinyal kepada tubuh untuk memproduksi lebih banyak hormon testosteron.

4. Tangani Setress Dengan Baik

Kita semua pasti pernah merasa stres. Tapi, ada beberapa orang yang bisa mengelola stres dengan baik dan ada yang tidak. Ketika kamu tidak bisa menangani stres dengan baik maka itu bisa menjadi masalah buat kamu dan salah satu masalahnya adalah menurunnya kadar homon testosteron di dalam tubuh kamu.

Ketika kamu stres, maka tubuh akan memproduksi hormon kortisol yang mana hormon ini akan mempengaruhi tingkat produksi hormon testosteron.

Jadi, tangani stres dengan baik dengan melakukan hal-hal yang bisa membuat kamu lebih rileks seperti olahraga, berkumpul dengan teman-teman kamu, atau lebih mendekatkan diri kepada Tuhan agar stres yang kamu alami bisa kamu atasi.

Baca juga : cara merawat brewok yang benar

5. Konsumsi Makanan Yang Mengandung Vitamin D

Untuk meningkatkan produksi testosteron, Kamu bisa memakan makanan yang kaya akan vitamin D yang bisa kamu peroleh dari beberapa makanan seperti tuna, susu rendah lemak dengan kandungan vitamin D, kuning telur, tiram, kerang-kerangan, daging sapi dan kacang.

 

Instagram: @foltibaffi & @folti_baffi
Facebook: @foltibaffi.id
Youtube : http://bit.ly/youtubechannelfoltibaffi